Seperti semua bagian printer teknologi memerlukan beberapa pemeliharaan umum untuk memastikan mereka berjalan lancar. Meskipun demikian, printer inkjet sering diabaikan. Banyak pengguna akan memperbarui, membersihkan dan umumnya merawat komputer mereka, tetapi sering lupa melakukannya untuk printer mereka.

Untuk memastikan bahwa printer Anda bertahan selama mungkin, Anda perlu belajar cara merawatnya. Di sini, di Internet-ink, kami memiliki beberapa petunjuk untuk bagaimana Anda dapat melakukan hal itu dan untuk membantu membuat cetakan Anda bertahan selama mungkin dan mencetak foto berkualitas tinggi.

Sebelum Anda melakukan apa pun dengan printer Anda yang melibatkan pembukaannya, penting untuk aman dan mematikannya. Ini akan mencegah kerusakan pada Anda atau printer.2. Di mana Anda Menempatkan Printer Anda

Jangan hanya menempatkan printer Anda pada ruang terbuka pertama yang Anda lihat. Untuk kinerja terbaik, printer perlu ditempatkan pada permukaan yang rata dengan banyak ruang untuk ventilasi. Menempatkan printer Anda di lokasi yang terlalu berdebu hanya akan mempersingkat umur printer Anda karena dapat masuk dan merusak kepala printer dan rol. Jaga Agar Printer Anda Tetap Bersih

Pada akhirnya, printer Anda adalah mesin, dan mesin perlu dibersihkan untuk mempertahankan kinerja. Membangun debu, tinta dan puing-puing lainnya di dalam printer Anda dapat menyebabkan kemacetan, garis-garis tinta dan kinerja buruk umum.

Anda harus secara teratur membersihkan printer Anda dengan kain yang sedikit lembab. Berikan bagian luar printer lap dan bersihkan internal dengan kain bebas serat. Hindari menggunakan cairan apa pun untuk membersihkan di dalam printer Anda karena kelembaban di sini dapat mempengaruhi kinerja.

Anda juga dapat membersihkan di dalam dengan menggunakan penyedot debu kecil yang harus menyingkirkan debu yang dapat merusak perangkat. Hindari Nozel Tinta yang Tersumbat

Baca Juga :  Cara Merawat Baterai Laptop Anda dan Memperpanjang Umurnya

Satu hal yang terjadi pada semua printer inkjet baru dan lama adalah nozel yang tersumbat. Penyumbatan terjadi ketika tinta mengering dan memblokir nozel. Cara terbaik untuk menghindari hal ini adalah untuk menjaga mereka lembab dengan mencetak secara teratur.

Alih-alih membiarkan printer Anda menganggur selama berminggu-minggu atau bahkan berbulan-bulan, biasakan mencetak halaman uji setiap beberapa minggu. Ini menghentikan tinta dari penyumbatan dan membantu untuk bergerak di sekitar printer Anda. Dengan melakukan tindakan sederhana ini, Anda akan menghentikan nozel tinta yang tersumbat saat Anda datang untuk mencetak. Pilih Kartrid Tinta yang Tepat

Ketika datang untuk mendapatkan kartrid tinta yang tepat, ada banyak yang bisa dipilih. Anda akan ingin menemukan penawaran terbaik, dengan tinta terbaik untuk uang Anda. Anda memiliki dua pilihan tinta: kartrid tinta asli yang dibuat oleh produsen printer dan kompatibel yang dibuat dari pihak ketiga.

Tinta yang kompatibel telah dikembangkan untuk menghasilkan hasil yang sama dengan tinta asli, tetapi jauh lebih murah. Mereka juga terbuat dari kartrid daur ulang, jadi Anda juga akan melakukan bagian untuk lingkungan serta menghemat uang.

Terlebih lagi, Anda juga ingin mempertimbangkan jenis kartrid apa yang harus didapat. Jika Anda melakukan banyak pencetakan foto, dan printer Anda menerimanya, Anda akan ingin mempertimbangkan kartrid tinta foto untuk hasil yang lebih baik.

6. Pilih Kertas yang Tepat

Mencetak pada jenis kertas yang tepat dapat menjadi perbedaan antara cetakan yang bagus dan cetakan yang bagus. Kertas foto dan jenis kertas khusus lainnya bisa mahal jika Anda adalah pengguna cetak yang berat.

Untuk hasil terbaik, Anda akan ingin menggunakan kertas bermerek dengan printer yang sama. Misalnya, hasil terbaik pada HP Photo Paper adalah dari printer HP. Produsen menciptakan tinta, sehingga mereka tahu bagaimana ikatannya ke permukaan pada lapisan kertas tertentu, Anda tahu Anda mendapatkan tingkat kompatibilitas dan kualitas tertinggi. Berikan Kepala Printer Yang Bersih

Baca Juga :  10 Cara merawat laptop Anda dengan lebih baik

Ketika Anda mulai melihat garis putih berjalan di dokumen atau foto yang baru dicetak, ini berarti sudah waktunya untuk membersihkan kepala cetak. Konsultasikan manual printer Anda untuk memeriksa cara membersihkan kepala cetak printer Anda dengan benar.

Sebagian besar model printer memiliki fungsi self-clean yang dapat diaktifkan dengan beberapa klik dan akan membersihkan kepala Anda untuk Anda, namun Anda dapat membersihkannya secara manual jika Anda menginginkannya. Memperbaiki Kesalahan Mekanis

Dengan sedikit perawatan, printer Anda akan bertahan lebih lama ketika Anda merawatnya dengan baik. Salah satu kesalahan mekanis yang paling umum untuk printer adalah selai kertas. Jika terjadi kemacetan kertas, lihat instruksi Anda untuk instruksi yang berhubungan dengan printer spesifik Anda. Atau Anda dapat membaca panduan kami di sini.

Tidak ada printer tanpa masalah, akan selalu ada selai kertas, noda dan kesalahan sesekali menghalangi pencetakan Anda. Namun, hanya dengan mengikuti tips ini, Anda dapat mengurangi kemungkinan hal-hal ini terjadi, memperpanjang umur printer Anda dan membuat pengalaman umum Anda lebih baik.

By admin